Selasa, 29 April 2008

Tips

Tips

Cara Jitu Memilih Beras Berkualitas

Tidak sekadar kebutuhan biologis, mengonsumsi nasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan daya tahan, vitalitas, dan kesehatan kita. Untuk itu, menjaga kualitas beras juga penting kita lakukan. Jika tidak, bukannya meningkatkan kesehatan, daya tahan fisik kita dapat melemah apabila kita tidak cermat dalam memilih dan memilah beras yang kita konsumsi.

Seperti apa dan bagaimana cara yang tepat untuk memilih beras berkualitas? Simak panduan singkat berikut ini:

  1. Lihat warna dan aroma

Tidak selamanya putih itu sehat. Demikian juga dengan beras. Anda bahkan perlu waspada jika menemukan beras yang terlihat putih dan mengilap. Bisa-bisa ia telah tercemar klorin, sebuah zat kimia yang biasa digunakan untuk membunuh kuman. Yang perlu dicermati, beras berkualitas warnanya tidak terlalu putih, tidak licin, dan tanpa aroma (wangi).

  1. Teliti bentuk dan karakteristik

Untuk memastikan beras tersebut berkualitas atau tidak, lihat tampilan fisiknya. Secara umum beras memiliki dua bentuk, yaitu panjang dan bulat (lonjong). Usahakan membeli beras dengan varietas yang sama atau sejenis. Teliti bentuk dan karakternya karena pedagang seringkali melakukan praktik pengoplosan dengan mencampur beras berkualitas dengan beras yang kurang bagus. Biasanya beras oplosan agak susah dibedakan karena dilakukan dengan beras yang agak mirip karakteristiknya.

  1. Beralih pada kemasan

Saatnya Anda beralih pada beras berlabel, karena sudah terjamin kualitasnya. Jangan tergiur oleh harga yang murah, sementara kesehatan kurang diperhatikan. Kemasan berlabel ini beredar di pasaran dengan berbagai merek. Carilah merek yang sudah mendapat sertifikasi dari instansi terkait.

  1. Toko langganan

Jika Anda telah mengetahui keaslian beras, tetapkan satu toko sebagai tempat langganan Anda dalam membeli beras. Usahakan untuk tidak berpindah-pindah toko untuk mengurangi risiko manipulasi.

  1. Tahu harga

Sebaiknya Anda tahu variasi beras yang akan dibeli sebagai pedoman untuk menilai apakah varietas beras tersebut masih asli atau tidak. Jika Anda menemukan harga beras tersebut berbeda dengan harga yang biasa dibeli, Anda patut curiga.

Kini, saatnya Anda peduli dengan kesehatan maupun tindak manipulasi terhadap beras ini. Kepedulian Anda akan menciptakan sistem perberasan yang baik. Dengan demikian, pedagang tidak lagi memperlakukan atau memanipulasi beras dengan semena-mena. Anda pun dapat mendapatkan kualitas beras yang diinginkan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: