Selasa, 29 April 2008

Varia

Aroma Wangi Khas Pandan Wangi

Beras Xiang Mi

Bentuknya yang bulat, garis putih di bijinya, aromanya yang wangi ketika dimasak, dan rasa nasinya yang pulen menjadi ciri khas beras ini. Ya, beras Pandan Wangi, namanya. Beras aromatik asli Cianjur ini menjadi salah satu varietas beras kebanggaan Indonesia karena kekhasannya.

Kini, jangan pernah Anda dibohongi lagi! Banyak beras yang berlabel Pandan Wangi mengklaim keasliannya. Namun, kenyataannya beras tersebut adalah beras varietas Pandan Wangi yang telah dicampur (oplosan) dengan varietas beras lainnya. Bahkan, tak jarang, beras yang diklaim penjualnya sebagai beras Pandan Wangi asli, tapi sebenarnya hanya beras yang diberi aroma wangi buatan.

Beberapa waktu yang lalu, Institut Pertanian Bogor (IPB) sempat melakukan riset dalam menguji kemurnian beras Pandan Wangi yang beredar di pasaran. IPB melakukan pengambilan sampel sembilan beras berlabel Pandan Wangi asli secara acak di sejumlah pasar modern dan tradisional di Cianjur. Hasilnya, sungguh ironis dan cukup mengejutkan. Di Cianjur sendiri, yang notabene sebagai lumbung beras Pandan Wangi ternyata tingkat kemurnian beras kemasan berlabel Pandan Wangi yang dijual paling tinggi hanya 43,25 persen dan yang terendah yaitu 11,84 persen.

Kondisi seperti ini, tentu saja, selain sangat merugikan konsumen juga merugikan petani karena telah menyebabkan economic losses bagi keduanya. Maraknya beras Pandan Wangi oplosan yang beredar di pasaran membuat posisi tawar petani menjadi rendah. Imbasnya, praktek pengoplosan beras Pandan Wangi ini tentu juga membuat harga menjadi disinsentif bagi petani.

Melihat kondisi seperti ini, Departemen Pertanian (Deptan) menelurkan “Program Beras Berlabel”. Melalui program ini Deptan mengeluarkan logo jaminan varietas di setiap kemasan beras yang berlabel beras Pandan Wangi yang di lempar ke pasar umum baik pasar tradisional maupun modern. Sehingga, konsumen tidak perlu lagi merasa takut dibohongi, karena kualitas dan keaslian beras Pandan Wanginya dijamin seratus persen.

Adalah CV. Quality Sehat Indonesia (Quasindo), yang menjadi distributor beras Pandan Wangi asli seratus persen ini. Beras Pandan Wangi tersebut diberi merek dagang Xiang Mi yang berarti, Xiang: wangi dan Mi: beras. Menurut Direktur Utama CV. Quasindo, Evi Julianti, pihaknya menjamin beras Xiang Mi merupakan beras Pandan Wangi asli seratus persen.

“Beras Pandan Wangi yang disuplai ke Quasindo merupakan produksi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Citra Sawargi, Warung Kondang, Cianjur,” jelas Evi. Jaminan yang diberikan Quasindo terhadap beras Xiang Mi memang bukan sekadar slogan belaka. Pasalnya, produksi beras Pandan Wangi ini dikawal ketat oleh Deptan dan Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM), IPB.

Menurut Evi, LPPM IPB dan Deptan mengawasi proses produksi petani dari mulai pembenihan, penanaman, pengolahan sampai dengan panen. Guna menjaga keasliannya, lanjutnya, benih yang digunakan pun harus menggunakan benih yang berasal dari penangkar benih khusus yang telah ditunjuk Deptan.

Tidak hanya berhenti sampai di proses produksi, LPPM IPB dan Deptan pun terus mengawasi proses pembelian gabah, pengeringan, pengolahan, dan pengemasan. Di tingkat ini pengawasan ditujukan untuk menjamin bahwa beras Pandan Wangi tersebut asli dengan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya sebagai pemutih dan tidak menggunakan pewangi sintetik.

Proses pengawasan sebagai bagian yang terintegrasi dalam produksi beras Xiang Mi ini tentu saja menjadi jaminan bagi konsumen untuk bisa menikmati beras Pandan Wangi yang betul-betul asli. “Tentu saja proses pengawasan ini tidak dilakukan sekali saja, tapi dilakukan setiap waktu tanam hingga panen dan dilakukan secara terus menerus,” tegas Evi.

Dari sisi kemasan produk, selain mencantumkan logo jaminan varietas yang dikeluarkan oleh Deptan, Quasindo juga memberikan jaminan kepada konsumen yaitu dengan memberikan garansi uang kembali (Moneyback Guarantee) jika memang ternyata ada kandungan varietas beras lain selain beras Pandan Wangi pada kemasan beras Xiang Mi. Sementara, untuk melindungi konsumen dari pemalsuan beras Pandan Wangi asli merek Xiang Mi ini, tambahnya, pihaknya memberikan jaminan berupa sembilan warna yang dipakai untuk kemasan beras Xiang Mi.

Beras Xiang Mi dipasarkan dengan kemasan cantik dengan ciri khas kemasan yang bermotif gambar bunga Anggrek. “Motif gambar bunga Anggrek pada kemasan beras Xiang Mi melambangkan beras Pandan Wangi sebagai beras asli Indonesia seperti juga Anggrek sebagai bunga asli Indonesia,” tutur Evi. Dengan demikian, hal ini akan membuat pihak yang akan memalsukan berpikir beberapa kali untuk memalsukan, karena pastinya, membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membuat kemasannya.

Sebenarnya, beras Pandan Wangi tidak kalah bagus dengan beras aromatik impor yang beredar di pasaran. Misalnya saja beras Japonica. Beras asal Jepang yang digunakan sebagai bahan baku sushi ini memang pulen. Namun, kualitasnya tidak seperti beras Pandan Wangi yang selain rasanya pulen juga wangi.

Sementara ini, Xiang Mi baru dipasarkan di dalam negeri. Quasindo berencana melebarkan sayap pemasarannya dengan mengekspor beras Xiang Mi ke sejumlah negara di Asia, seperti Thailand, Vietnam, Hongkong, dan beberapa negara lain. Untuk itu, bagi Anda yang ingin merasakan kelezatan dan aroma wangi beras Pandan Wangi yang betul-betul asli, segera berburu beras Xiang Mi. Selamat menikmati keasliannya. TRI

Tidak ada komentar: