Jumat, 28 November 2008

Tips

TIPS
MEMBUAT MASAKAN LEBIH ISTIMEWA

Dari sebiji beras, lahirlah berbagai macam inovasi. Aneka ragam olahan dengan bahan dasar beras begitu mudah kita jumpai saat ini. Mulai dari menu ringan, minuman, hingga makanan berat yang mengenyangkan. Hal ini merupakan inovasi maupun temuan dari para ahli masakan yang terus memperkaya khazanah kuliner kita.

Namun, sejatinya olahan nasi pun dapat dibuat secara beragam. Pakar makanan maupun masakan senantiasa mengembangkan karya dan kreativitasnya. Tujuannya agar sajian maupun tampilan olahan nasi tak sekadar untuk memenuhi kebutuhan pangan, tapi juga menjadi oase yang menyuguhkan aroma dan kelezatan yang lebih istimewa. Berikut di antaranya:

1. Beras + Ketan
Mencampurkan beras dengan ketan diyakini banyak orang memiliki dampak yang baik bagi masakan. Campuran ini juga membuat nasi memiliki daya lekat yang baik, pulen, dan terasa lebih wangi. Daya lekat yang bagus ini memungkinkan nasi dibentuk dengan lebih mudah. Tak hanya itu, masakan juga memiliki cita rasa yang lebih khas dan beraroma.

Dalam membuat nasi kuning, bacang, atau nasi tumpeng, banyak orang menggunakan campuran beras dan ketan ini sebagai bahan dasarnya. Di samping memudahkan dalam membentuk nasi tumpeng, daya lekatnya juga dapat membuat tumpeng hasil kreasi lebih tahan lama.

2. Beras Biasa + Berah Merah
Tidak ada yang meragukan kualitas maupun khasiat beras merah bagi kesehatan. Khasiatnya banyak, seratnya juga tinggi. Meskipun demikian, banyak yang mengeluhkan olahan beras merah terasa kering di tenggorokan. Maklum saja, dalam setiap butir beras merah masih terkandung sisa-sisa kulit (bekatul) yang belum sepenuhnya hilang. Rasanya pun tidak segurih beras biasa.

Namun, bekatul yang tersisa inilah yang membuat beras merah kaya akan vitamin. Untuk membuat cita rasa beras merah lebih baik, campuran beras biasa dengan beras merah menjadi solusi tepat. Dengan cara mencampurkan secara proporsional, rasa makanan jadi lebih nikmat. Jangan khawatir, khasiat beras merah tetap dapat dirasakan.

3. Beras + Jagung
Ada cara lain agar olahan nasi memiliki serat yang cukup. Campuran beras dengan jagung diyakini banyak orang akan menambahkan unsur serat pada makanan. Nasi akan mempunyai aroma yang beda dan kandungan gizinya lebih banyak. Jagung yang kaya akan karbohidrat membuat acara santap Anda terasa lebih mengenyangkan. Rasa kenyang diyakini lebih tahan lama.

Jagung yang dicampurkan pada beras bisa diiris saat masih muda atau digiling bila sudah tua. Jagung yang digiling menghasilkan butiran sebesar beras. Cara mencampurnya dapat disesuaikan dengan selera. Bisa proporsional, dominan beras, atau lebih banyak jagungnya. Campuran makanan ini dapat menghadirkan cita rasa baru dalam bersantap.

Padu padan beras di atas hanya beberapa contoh yang diambil dari keanekaragaman kuliner nasional. Tentu, masih banyak karya maupun kreativitas ahli masakan yang terus mengalami inovasi sepanjang waktu dan mendapat tempat di hati publik. Kombinasi beras ini diyakini tak akan menghilangkan cita rasa maupun kekhasan beras, namun bahkan akan membuat makanan Anda terasa lebih istimewa. Selamat mencoba! QYH

Tidak ada komentar: