Senin, 26 Januari 2009

Dokumentasi

DPD PERPADI Jawa Tengah Lantik DPC PERPADI Kebumen

Tanggal 26 Juli 2008 DPD Perpadi Jawa Tengah melantik pengurus DPC PERPADI Kabupaten Kebumen periode 2008-2013 di bawah kepemimpinan Rudiyanto, S.Pd. Prosesi pelantikan sendiri dilakukan langsung oleh Ketua DPD PERPADI Jawa Tengah Drs. Muhadi dan disaksikan oleh Herry Artono, pengurus DPP PERPADI, dan pejabat daerah terkait.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan acara Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) DPC PERPADI Kabupaten Kebumen. Dalam acara tersebut, salah satunya menyinggung mengenai masalah makin maraknya penggilingan padi keliling di Kebumen, yang mengganggu keberadaan penggilingan padi statis. DPC PERPPADI Kebumen menghimbau kepada pemerintah daerah agar segera turun tangan untuk membenahi masalah tersebut agar keberadaan penggilingan padi keliling ini tidak semakin mencekik keberadaan penggilingan padi statis yang notabene lebih legal karena mempunyai badan hukum yang jelas.AJI

DPC PERPADI Purbalingga Gelar Konsolidasi

DPC PERPADI Purbalingga yang belum lama ini dilantik melakukan gebrakan dengan menggelar rapat konsolidasi dengan pengurus dan anggota PERPADI di 18 kecamatan di Kabupaten Purbalingga. Rapat konsolidasi yang dilaksanakan dengan mendatangi satu per satu kecamatan ini dilaksanakan secara maraton mulai 4-27 Juli 2008.

Rapat konsolidasi ini dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan DPC PERPADI Purbalingga untuk mengakomodir semua aspirasi anggotanya, terutama melihat langsung kegiatan produksi giling beras musim tanam April–September 2008. Di samping itu sekaligus juga untuk memperbaharui data jumlah anggota penggilingan padi di Kabupaten Purbalingga yang tercatat sebanyak 461 anggota yang hampir semuanya masih tergolong penggilingan padi sederhana.

Dalam rapat konsolidasi tersebut dibahas mengenai produksi giling beras yang belum maksimal untuk musim tanam April – September 2008. Menurut ketua DPC PERPADI Purbalingga, Dwi Waluyono, setiap harinya penggilingan hanya bekerja rata-rata 3–4 jam saja per harinya, sehingga banyak yang tidak bekerja. Jika ditarik kesimpulan, tambah Dwi, bahwa kondisi yang sudah ada sudah mencapai titik jenuh karena terlalu banyak penggilingan padi, sehingga luas cakupan areal sawahnya rata-rata hanya 66 ha per penggilingan per tahun. Masalah sedikitnya luas cakupan areal sawah per penggilingan padi ini diperparah dengan banyaknya gabah yang terserap ke luar Kabupaten Purbalingga.

DPP PERPADI Lantik DPD PERPADI Kalimantan Barat

Pada 12 Agustus 2008, DPD PERPADI Kalimantan Barat periode 2008–2013 dilantik. Prosesi pelantikan sendiri dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP PERPADI, M. Nur Gaybita. Melalui Musyawarah Daerah (Musda) terpilihlah Ir. Elias Ahie, MM sebagai Ketua DPD PERPADI Kalimantan Barat. Dalam sambutannya Ketua Umum DPP. PERPADI, M. Nur Gaybita menyampaikan bahwa penggilingan padi merupakan embrio bagi industrialisasi pertanian di pedesaan. Oleh karenanya sangat tepat apabila Musda ini dapat dijadikan momentum untuk menggerakkan penggilingan padi agar dapat berperan secara utuh dalam memajukan agribisnis perberasan daerah maupun nasional.AJI

Studi Banding Perberasan Ke Vietnam

Guna memperkaya wawasan mengenai perberasan DPP PERPADI mengadakan Studi Banding Perberasan ke Vietnam, pada 18-22 Agustus 2008. Acara ini diikuti oleh 53 peserta dari berbagai daerah, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

Di sana peserta diajak untuk mempelajari sistem perberasan dengan mengunjungi beberapa penggilingan padi & integrated farming di beberapa kota, seperti penggilingan padi di Chau Doc dengan kapasitas 10 ton per jam, penggilingan padi di Long An City dengan kapasitas 10 ton per jam, Soha Farm dengan integrated farming-nya di Chan Tho, serta ke Rice Milling Polish Gentraco dengan kapasitas 30 ton per jam.

Selain mengunjungi tempat-tempat yang terkait dengan masalah perberasan, peserta juga masih berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata setempat, seperti perkampungan muslim di Vietnam Cham Village, tempat bersejarah perang antara Vietkong dengan tentara Amerika yang disebut Cu Chi, serta Internasional Vietfood Expo.AJI

Tidak ada komentar: