Kamis, 08 Januari 2009

Herbal

Rasanya 100 % Kopi Asli

Kopi Beras Merah

Anda pecandu kopi sejati, tapi takut dengan bayang-bayang kafein dan jantung? Tidak usah khawatir, kini sudah ada penemuan baru kopi pengganti yaitu kopi beras merah. Kopi ini dipercaya berkhasiat buat kesehatan. Ya, semua kebaikan beras merah bisa dinikmati dengan rasa kopi asli!

Kenikmatan minum kopi memang tidak bisa dipungkiri oleh siapa saja. Aroma dan cita rasa yang dikandung kopi begitu menggugah selera bagi penikmatnya. Tidak heran jika banyak orang yang merasa ketagihan setelah minum kopi. Apalagi, momen minum secangkir kopi paling dinanti oleh sebagian orang, seperti sarapan pagi atau selingan ngobrol yang ditemani cemilan dengan keluarga dan handai taulan.

Selain punya keistimewaan rasa dan aroma, kopi juga sering kali dimanfaatkan sebagai penghilang rasa kantuk. Namun, tak hanya memberikan dampak positif, ternyata kopi juga amat berbahaya bagi kesehatan. Menurut analisa kedokteran, dalam kopi terdapat sejenis senyawa kimia xantin yaitu kafein.

Tahu tidak? Ternyata kafein dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernafasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. Tidak heran jika setiap minum kopi dalam jumlah wajar (1-3 cangkir), tubuh kita terasa lebih segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah atau pun mengantuk. Dampak positif ini yang menyebabkan orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi.

Kafein acap kali juga dijadikan salah satu bahan pelengkap pada obat sakit kepala. Pasalnya kafein memiliki kemampuan mempersempit pembuluh darah ke otak (vasokonstriksi) sehingga pelebaran pembuluh darah ke daerah otak yang merupakan penyebab sakit kepala bisa ditanggulangi. Sayangnya, kebiasaan minum kopi acap kali memunculkan efek “kecanduan” baik secara psikologis maupun fisilogis.

Ciri umum ketergantungan kopi antara lain rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau sehari tidak minum kopi. Yang wajar adalah mengonsumsi kopi sebanyak 85-200 mg. Namun, jika Anda minum kopi di atas 250 mg sekaligus dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti jantung berdebar, gelisah, insomnia (sulit tidur), gugup, tremor (tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah-muntah.

Tidak heran jika di zaman modern ini kebutuhan makanan dan minuman yang kaya mikronutrisi sudah berkembang jauh lebih baik. Bagi konsumen yang cermat terhadap kesehatan, label makanan organik pun mulai dipertanyakan di mana dan bagaimana bahan pangan itu tumbuh kembang.

Di Indonesia sendiri 90 persen kopi yang ditanam termasuk jenis robusta. Sisanya, jenis arabica, terdapat di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Kopi dari Sumatera mempunyai aroma tumbuh-tumbuhan dan daun-daunan. Kopi dari sulawesi teruatam daerah Toraja, memiliki rasa yang unik, tidak terlalu asam, agak manis, dan aroma daunnya amat terasa. Kopi Toraja menjadi salah satu pilihan favorit penggemar kopi.

Bagi Anda penggemar kopi dan ingin terhindar dari dampak negatif minuman ini, tersedia sebuah jenis kopi terbaru yaitu kopi herbal beras merah Gracebali yang berasal dari Bali. Kopi jenis ini memiliki banyak keunggulan dan disinyalir berkhasit buat kesehatan. Bahkan, berasa 100 % kopi asli, tanpa mengurangi kenikmatan yang biasa anda rasakan dari kopi lainnya. Kopi ini mengandung 10 % kopi arabika dan 90 % beras merah.

Kaya Mikronutrisi: Sebagaimana dijelaskan Grace M Tarjoto, pemilik usaha kopi beras merah, saat memperkenalkan produknya pada khalayak umum, kopi ini tumbuh dari alam desa yang sakral. Produk kopi organik ini satu-satunya di Indonesia yang terbuat dari butiran aromatik beras merah bukan sembarang beras merah. Sebab beras merah ini beraroma khas yang dikembangkan di Desa Jatiluwih, Tabanan, Bali.

Keunggulan lainnya, kopi ini diproses dengan penggilingan khusus guna mempertahankan keutuhan kulit arinya yang penuh dengan aroma dan mikronutrisi. Proses ini dimaksudkan agar menghasilkan kopi organik beras merah. Dan seleksi butiran aromatik beras merah ini ditambah butiran biji kopi arabika yang tumbuh liar secara alami di lereng-lereng gunung di sekitar Pulau Bali. Setelah diseleksi, biji kopi tersebut lalu disangrai dengan udara panas hingga menjadi arang, kemudian ditumbuk hingga butiran arang tersebut menjadi halus berbentuk grabules.

Dahulu kala, resep tradisional Bali digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah dan stamina. Sementara di Negeri Tiongkok, selama ribuan tahun, arang beras merah telah dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, diare, dan sakit maag. Bahkan sudah banyak pula publikasi temuan ilmiah kedokteran dunia yang menunjukkan bahwa sangrai beras merah mengandung zat monascus purpureus dan senyawa HMG-CoA reduktase. HMG-CoA reduktase merupakan suatu zat yang berfungsi menghambat sintesa kolestrol pada liver manusia.

Selain itu beras merah juga mengandung lemak tak jenuh (positive chlolesterol). Secangkir kopi organik di pagi hari sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Minum kopi dipercaya dapat membangunkan sehingga tubuh dan pikiran siap beraktivitas kembali sepanjang hari.

Kini dengan menyeduh kopi organik beras merah Gracebali, orang tidak hanya akan terjaga dari rasa kantuk, tetapi kondisi badan akan penuh stamina untuk melakukan kegiatan seharian. Khasiat lainya, kopi beras merah Gracebali mengandung nutrisi yang seimbang dari alam dan bisa menstimuliasi organ-organ lainnya dalam tubuh, karena dapat berfungsi sebagai detoksifikasi.

Secara umum kopi beras merah Gracebali dapat menjadi makanan dan minuman suplemen serta penambah stamina. Bahkan bisa pula sebagai minuman tonik sebelum dan sesudah melakukan perjalanan, pembersih perut dan usus yang berfungsi sebagai detoksifikasi. Sedangkan dalam bentuk pasta, kopi ini dapat difungsikan sebagai masker kulit untuk membersihkan dan perawatan muka, dan mencegah bau serta memelihara kecantikan wajah anda.

Manfaat lain yang dihasilkan kopi organik beras merah ini di antaranya, membantu membuang berbagai cairan lemak dari dalam usus kecil dan besar, menurunkan dan mempertahankan gula darah, mengobati gangguan pencernaan, diare dan sakit maag, menurunkan kadar kolesterol dan LDL (jenis lemak yang merusak kesehatan), dan meningkatkan HDL (jenis lemak yang bermanfaat untuk kesehatan). Selain itu, kopi beras merah ini juga membantu kesehatan kardiovaskular secara umum dan mengurangi ketegangan dan meningkatkan stamina tubuh.

Kini Anda tidak perlu risau lagi dengan bahaya kafein pada kopi yang Anda minum. Kopi pengganti dari herbal ini sangat berkhasiat buat kesehatan, terlebih buat Anda yang alergi kopi. PIT






Tidak ada komentar: