Kamis, 08 Januari 2009

Agrowisata

Menikmati Nyanyian Dewi Sri

Kebun Wisata Pasirmukti

Suasana pedesaan yang sangat menyegarkan. Kebun wisata ini menawarkan panorama hamparan sawah di antara kebun buah, kolam ikan, dan tempat bermain yang menyenangkan. Tak hanya berwisata, Anda dapat mengenal tentang pertanian melalui sarana yang mendidik sekaligus menghibur.

Kembali ke alam. Begitulah kesan saat bertandang ke area wisata Pasirmukti. Hamparan sawah nan hijau tampak menyegarkan di penglihatan. Begitu pula dengan rerimbunan pohon buah dan teduhnya kolam pemancingan. Di beberapa sudut tersedia sarana permainan yang menghibur.

Kawasan yang terletak di antara Desa Tajur, Pasirmukti, dan Gunungsari, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat, ini memang memiliki lingkungan yang ramah dengan panorama indah. Sejak dibuka, wisata agro ini dimaksudkan untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan pertanian bagi pengunjung khususnya generasi muda Indonesia.

Kebun Wisata Pasirmukti ini terbuka untuk umum setiap hari termasuk hari libur nasional. Bermacam paket wisata dengan kisaran harga mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 300 ribu per orang. Sejumlah paket wisata dimaksud antara lain Paket Edukatif Agropintar yang dirancang secara menarik, menyenangkan, dan mencerdaskan. Ada pula paket wisata yang melibatkan anak-anak, seperti Paket Agro Junior, Paket Anak Tani, dan beragam paket lainnya.

Bagi Anda yang gemar bertualang, tersedia Paket Agro Adventure yang menawarkan berbagai kegiatan menantang, seperti off road track, menguji daya tahan, membajak sawah, menanam padi, hingga petualangan malam hari. Selain itu, ada pula Paket Ceria, Paket Lansia, Paket Tangkas, serta Paket Kemping yang bisa Anda nikmati.

Saat liburan sekolah, rasanya tidak ada salahnya jika Anda mengajak anak-anak piknik ke sebuah dunia yang berbeda. Di Pasirmukti, Anda bisa mendapatkan semua keperluan untuk anak Anda bermain, bersenang-senang, belajar, sekaligus dekat dengan alam. Memang, sarana permainan maupun sarana belajar juga tersedia di sana.

Kawasan wisata ini menyajikan berbagai panorama, termasuk aneka tanaman hias yang memikat mata. Beberapa fasilitas yang tersedia seperti aneka anggrek, seperti dendrobium, phalaenopsis, oncidium, cattleya serta aneka tanaman hias lainnya juga tersedia. Tak hanya sekedar melihat-lihat, Anda juga akan memperoleh tips dan demo perawatan tanaman hias ini. Siapa tahu Anda berniat menjadi pebisnis tanaman hias di kemudian hari.

TABOLAMPOT: Pengunjung juga dapat menikmati acara petik buah yang merupakan salah satu acara andalan Kebun Wisata Pasirmukti. Anak-anak tentu amat menyukai permainan yang tidak pernah mereka jumpai sebelumnya. Permainan kembali ke alam dan menjadi anak tani merupakan pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka, juga permainan tarik tambang, tangkap belut, dan adu tinju di kolam lumpur akan menjadi pengalaman unik dan menggembirakan.

Lokasi dengan lahan luas berumput hijau di antara pepohonan, pemandangan asri kebun buah, hamparan sawah, aliran sungai dan bukit karang, menikmati api unggun pada malam hari sangat tepat untuk liburan keluarga, merupakan fasilitas yang Anda nikmati selain kegiatan retreat atau pelatihan outbound.

Anda dapat menggunakan fasilitas Combat Battle Field. Kalau datang ramai-ramai, Anda bisa menyewa peralatan tempur yaitu seragam, goggles, senapan dan paintball-nya untuk main perang-perangan. Terdapat juga medan untuk pertempuran, kalau Anda mau beraksi seakan pasukan SWAT. Selain itu, berolahraga di alam terbuka atau merayakan ulang tahun dalam suasana "garden party" memberikan nuansa alam yang romatis dan indah.

Mengamati dan mempelajari aneka tanaman buah tropis menambah wawasan pengetahuan kita. Sarana halaman yang terbatas bukan alasan untuk tidak memiliki kebun buah. Tersedia berbagai jenis tanaman buah favorit Anda. Pengelola pun menyediakan paket pelatihan agrobisnis dan demo "tabulampot" atau tanaman buah dalam pot bagi pengunjung.

Di sini tersedia berbagai jenis tanaman buah favorit seperti misalnya Jambu, Belimbing, Jeruk dan lain sebagainya. Apabila kita menikmati jus di restoran ini, akan terasa jus yang dihidangkan begitu kental dan segar, karena produksi dari kebun sendiri.

KOLAM PANCING: Untuk melengkapi suasana liburan, Anda bisa menjajal kemampuan memancing di kolam pemancingan yang berisi ikan mas, nila, gurame, dan patin. Memberi makan dan belajar memancing merupakan atraksi menarik yang bisa menambah pengetahuan bagi anak dan orang tua. Anda juga dapat menikmati hasil pancingan bersama teman-teman dan keluarga sungguh asyik sekali.

Wisata Pasirmukti juga memiliki sebuah restoran yang unik. Meskipun terletak di desa Citeureup, namun restonya menghidangkan menu khas Minahasa dan makanan nasional lainnya. Sambil menikmati ayam bakar rica atau ikan woku, Anda resapi indahnya hamparan sawah diantara kebun buah. Pada hari tertentu akan dihibur grup musik "kolintang".

Di siang hari, Anda dapat mengikuti beragam acara, seperti Padi Bernyanyi, sebuah acara ini gelar di suatu tanah lapang yang luas di tepi sawah, di mana kita dapat melihat pertunjukkan bagaimana cara menanam padi, membajak sawah, serta serunya anak-anak bermain lumpur di kolam lumpur sambil diiringi musik Kulintang yang membawakan lagu Menanam Padi.

Anda juga dapat melihat orang menanam padi bahkan dapat ikut juga belajar menanam padi, membajak di sawah, atau memandikan kerbau. dan aktivitas lainnya yang menarik yang hanya ada di pedesaan. Beragam atraksi yang khas dan dibawakan langsung oleh ibu dan bapak tani serta keluarganya.

Malam hari, sambil menikmati makan malam, Anda dihibur dengan atraksi-atraksi yang menarik, dengan acara Games Kuiz berhadiah. Memang, jika Anda berniat menginap, tersedia fasilitas bungalow lengkap dengan ruang pertemuan dengan kapasitas terkecil bisa menampung ratusan orang.

Bungalow ini di desain untuk acara pertemuan atau rapat kerja bagi keluarga besar, organisas,i dan perusahaan. Tersedia ruang pertemuan dari yang terkecil hingga kapasitas besar dengan pemandangan alam yang asri. Fasilitas pertemuan yang disediakan memang dimaksudkan untuk mendukung kesuksesan acara Anda.

Berlibur atau berakhir pekan bersama keluarga di rumah panggung Minahasa dengan kenyamanan fasilitas layaknya hotel berbintang sungguh menjadi pengalaman tak terlupakan. Duduk di teras menikmati desiran angin di pagi hari, menyusuri kebun buah, sungai dan pematang sawah memberikan sensasi tersendiri.

Untuk berlibur di Pasirmukti, setidaknya Anda harus membawa pakaian santai dan tidak membawa binatang piaraan. Untuk aktivitas outdoor, Anda harus menyiapkan sejenis topi atau payung guna menghindari terpaan sinar matahari secara langsung. Jadi, sediakan waktu Anda dan keluarga untuk memanjakan diri sekaligus mendekatkan diri pada alam yang sejuk dan penuh damai. QYH/AJI

Kebun Wisata
PasirmuktiJl. Raya Tajur Pasirmukti km. 4Citeureup - BogorTel. (021) 8794 3864/65,
Fax. (021) 8794 3866E-mail:
pasirmukti@cbn.net.id
http://www.pasirmukti.co.id

Kantor JakartaJl. S. Iskandar Muda 2AArteri Pondok Indah, Jakarta - SelatanTel. (021) 739 8808, Fax. (021) 739 8886E-mail :
kebun@pasirmukti.co.id

Tidak ada komentar: