Rabu, 07 Januari 2009

Selebrita

Doyan Nasi dan Sayur Asem

Julia Perez

Semula, Julia Perez sedikit bingung untuk mendefinisikan secara detail makna kecantikan ragawi. Setelah memutar otak beberapa detik, barulah selebriti yang akrab disapa Jupe ini mampu mereka-reka. "Cantik itu relatif, tetapi yang penting adalah tampil bersih dan sehat," ucap pemilik nama asli Yulia Rachmawati ini, membuka pembicaraan.

Maka dari itu, bukanlah hal yang keliru bila artis kelahiran Jakarta, 28 tahun lalu, ini biasa menerapkan gaya hidup sehat dengan membebaskan diri dari narkoba dan alkohol dalam kesehariannya. Selain itu, Jupe pun mewajibkan dirinya untuk minum air putih sebanyak satu liter setiap hari. "Pokoknya satu botol itu harus habis deh,"tambah wanita yang mulai menapaki karier sebagai model tersebut.

Agar tampil lebih segar dan wangi saat pentas, bintang iklan, presenter, dan pemain sinetron ini tak lupa mandi lulur dua kali seminggu. Bila tubuh mulai terasa pegal-pegal lantaran padatnya aktivitas, Jupe pun biasa memulihkannya dengan melakukan ritual pemijatan tradisional seminggu sekali.

Selebihnya, ia juga mewanti-wanti diri untuk tidak dekat-dekat dengan asap tembakau. Di samping membuat kulit lekas keriput, bagi Jupe merokok itu sangat merugikan tubuh dan orang-orang di sekitarnya. "Aku benci banget sama rokok," tambahnya.

Jadi, tak aneh bila pelantun lagu-lagu melayu ini kerap ngomel-ngomel kepada orang yang merokok di sampingnya. Sampai-sampai, Damien Perez, suami tercinta yang tergolong perokok berat akhirnya tak doyan merokok lagi. "Abis kalau dia merokok di dekatku sering kumarahi sih. He-he,"ungkapnya sambil tergelak.

Perihal makanan? Wah, jangan ditanya. Artis yang senantiasa tampil seksi di atas pentas ini pasti tidak lupa dalam menjaga pola makan. "Ya, sudah umur sih. Kalo berat badan enggak dijaga ya repot lah," kilah perempuan berdarah Betawi dan Sunda ini.

Seperti selebriti yang lain, Jupe pun selalu membatasi jumlah asupan karbohidrat agar tubuhnya tidak gampang melar. Kalau aktivitas sedang padat, tapi lagi malas makan, Jupe memutuskan memperbanyak makan buah-buahan. "Aku biasa makan enam sampai tujuh mangga sehari," tuturnya.

Sebagai penggemar mangga kupas, ia mengaku menyukai segala jenis mangga. Belinya pun tak harus di swalayan yang mewah. Malah seringkali Jupe kesengsem untuk mencicipi mangga-mangga ranum yang dipajang di pinggir jalan. Asupan buah-buahan yang cukup banyak ini merupakan triknya untuk mengimbangi seleranya yang minim dalam mengkonsumsi sayuran.

Walau demikian, ia tak membatasi diri dengan mengikuti diet-diet makanan tertentu. "Aduh, kasihan banget deh, kalo harus diet," keluh Jupe yang tidak suka dilarang-larang dalam menentukan makanan. Yang penting baginya adalah mengurangi asupan karbohidrat, tapi memperbanyak makanan berserat.

Prinsip ini diterapkan dengan memperketat dirinya dalam mengonsumsi nasi. Cukup dua centong nasi setiap hari. Satu centong untuk makan siang dan satu centong lagi untuk menemani aneka lauk di malam hari. Lauk dan sayurnya bisa apa saja. Pola makan seperti ini telah dilakoninya sejak usia remaja. Jenis beras, tak jadi soal buatnya. Asal bila dimasak tidak menghasilkan nasi yang keras dan pera.

Meski mengonsumsi dalam takaran yang terbatas, ia tetap tergolong selebriti yang tak bisa lepas dari nasi. Itu terbukti ketika Jupe menempuh studi di Belanda tahun 1998 dan melanglang ke negeri Prancis, tahun 2003 lalu. Ia tetap rela berburu nasi, demi memuaskan rasa laparnya.

Untunglah, hampir di setiap sudut kota di negeri Belanda maupun Prancis, tersedia restoran khas Asia. Sehingga Jupe bisa segera memuaskan perut yang keroncongan dengan pulennya bulir-bulir nasi yang mengepul, bila rasa lapar menyerang.

Selera makan Jupe pun selalu bangkit bila ia menyantap nasi ditemani steak sapi lada hitam. "Bikinan mamaku tuh yang paling mantap!" seru Jupe. Sayang, sekarang Jupe sudah berkeluarga. Jadi terpaksa ia harus puas menikmati steak hasil karya pengasuhnya.

Dan, semangatnya untuk mnyantap nasi akan semakin meletup-letup bila ia bertemu dengan nasi hangat mengepul yang disajikan bersama sambal terasi, ikan asin dan sayur asem. Apalagi kalau makannya di saung-saung dan ditemani berbagai jenis lalapan. Paduan makanan seperti inilah yang selalu ia buru bila ia sedang jalan-jalan keluar kota. "Sedap banget deh!" gumamnya. Mmm. AGS

Tidak ada komentar: