Kamis, 08 Januari 2009

Suplemen 1

Embrio Pendidikan Bertaraf Internasional

i-tutor.net

Sebuah revolusi di bidang metodologi pembelajaran dicetuskan. Bertaraf internasional dengan biaya terjangkau. Diharapkan, metode ini mampu melahirkan generasi berprestasi dan diakui di kancah global.

Mencerdaskan anak Bangsa dalam kerangka NKRI, serta menciptakan metode Pendidikan bertaraf International dengan biaya terjangkau. Begitulah visi yang diemban lembaga pendidikan ini. I-tutor.net lalu menjabarkannya melalui serangkaian misi yang harus dijalankan. Antara lain, membangun kreatifitas dan berpikir kritis pada anak-anak dengan menyediakan dan mendukung standar pendidikan akal yang exellence untuk anak-anak melalui teknologi multimedia yang mutakhir di Indonesia. Pembangunan sumber daya manusia (SDM) anak bangsa yang berkualitas, mandiri, percaya diri, komunikatif, dan berkemampuan tinggi (to be a good speaker) dalam menyongsong era globalisasi.

Lembaga pendidikan ini bergerak di bawah bendera Yayasan Anak Bangsa Indonesia / PT.i-tutor.net Indonesia yang sekaligus bertindak sebagai Country Distributor untuk content provider i-tutor.net Indonesia. Dengan paduan “Cinema Edutainment” plus “Mentality Build in Training Concept”, i-tutor.net telah berhasil menyebarkan konsep pembelajaran interaktif ini hampir ke seluruh pelosok Indonesia

Materi i-tutor.net disusun berbasiskan Silabus Menteri Pendidikan Singapura (Singapore Ministry of Education) oleh banyak profesor dari berbagai disiplin ilmu yang ahli dalam bidang pendidikan dan perkembangan anak. Sistem pengajarannya disampaikan lewat multimedia. Dalam perkembangan, i-tutor.net telah di-endorsed di negara–negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Kamboja, Thailand, Brunei, Filipina, serta Vietnam.

i-tutor.net dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam kemampuan berbahasa Inggris, Matematika dalam bahasa Inggris, bahasa Mandarin, Sains dan pengetahuan Teknologi Informasi dengan baik dan benar. Lembaga ini juga melatih siswa dalam pengembangan diri, mental, budi pekerti dan sopan santun, serta melatih psikomotorik anak melalui aktivitas interaktif di kelas sehingga siswa terbiasa untuk berfikir kreatif, cepat, dan tanggap.

KONSEP CINEMA EDUTAINMENT: i-tutor.net menerapkan konsep cinema edutainmet dalam metode pembelajarannya. Konsep ini merupakan konsep pembelajaran yang revolusioner dengan memanfaatkan teknologi multimedia, di mana ruangan kelas dibuat dengan suasana seperti di bioskop–bioskop yang memutar film pada umumnya. Suasana yang gelap dengan penampilan gambar dan film yang menarik mempermudah anak didik dalam mencerna isi pelajaran yang disampaikan dalam bentuk animasi kartun.

Pembelajaran dengan konsep Cinema edutainment ini juga memuat pembentukan karakter dan keperibadian anak. Mentality, Confident, Good Public Speaker, Value and Message, Good behavior, Attitude, Discipline, Structured and Comprehensive Thingking, Creative, Integrative Thinking Skills, Fun learning, Activity Based, Affective, Love and Caring, serta Psycho Motoric adalah hal–hal yang menjadi tujuan dan target pembelajaran dengan Konsep Cinema Edutainment.

i-tutor.net mengajarkan cara belajar, berpikir, dan mengelola masa depan. Dari situ, diharapkan anak didik memiliki keterampilan hidup (life skills), meliputi kemampuan berkomunikasi, berhitung, menganalisis, teknologi informasi, dan kecerdasan emosional. Di samping itu, anak didik diajak untuk terbiasa berpikir positif (positive mindset), dan mencintai negerinya sendiri (I love my country).

PROGRAM INOVATIF: i-tutor.net menawarkan berbagai program pendidikan, yang menerapkan standar kurikulum internasional dan menerapkan konsep cinema edutainment. Sedangkan materi-materi yang diajarkan begitu variatif, tergantung minat dan keinginan anak didik, seperti bahasa Inggris, Matematika dalam bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan dalam bahasa Inggris, Mandarin, Teknologi Informasi, hingga pembentukan karakter nasional.

Di samping menawarkan program pendidikan yang bervariasi, i-tutor.net juga diyakini lebih lebih efektif dalam mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan pada anak dibandingkan dengan metode belajar lainnya. Sebab, metode yang diterapkan i-tutor.net menerapkan pengulangan yang sempurna, memprioritaskan fisik dan psikologi dari guru, serta latar belakang guru yang memiliki pendidikan, kemampuan, komitmen, dedikasi, kekeluargaan, serta sikap yang baik. Di samping itu, perbedaan kualitas maupun metodologi pengajaran juga berperanan penting dalam mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar.

Revolusi cara belajar ini memupuskan keraguan akan kelebihan metode belajar baru itu. I-tutor.net menawarkan kecepatan dalam proses belajar sekitar 5 sampai 20 kali, mungkin pula sampai 25 kali. Sebuah percepatan belajar yang lebih daripada yang dicapai oleh metode belajar tradisional. Ini tidak hanya peningkatan kecepatan, tetapi juga mutu proses belajar. Begitu pula umpan baliknya. Banyak pihak berpendapat, “Ini menyenangkan. Mengapa saya tidak belajar dengan cara ini di sekolah dulu?” Begitulah kira-kira. QYH

Tidak ada komentar: