Kamis, 08 Januari 2009

Selebrita

Mengontrol Konsumsi Nasi

Okky Asokawati

Buat Okky, kecantikan wanita akan lebih sempurna jika dia dalam kondisi sehat jiwa dan raga. Tidak hanya itu, rasa percaya diri yang tinggi juga menjadi modal dasar seseorang akan terlihat lebih cantik. Kiat sederhana itulah yang menjadi resep Okky selalu tampak cantik dan fresh di usia 47 tahun.

Bertahun-tahun menekuni dunia modeling, tak membuat anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Ajun Komisaris Besar Polisi A. Tanuamijaya dan Soetarjiah ini percaya diri jika dibilang cantik. Sebab, banyak kekhawatiran yang bikin Okky merasa tak cantik. Apalagi, jika ditanya perihal definisi cantik oleh orang lain.
“Sebelum saya menemukan definisi cantik, banyak hal yang bikin saya enggak pede. Saya takut saat usia saya nggak muda lagi. Saya takut saat tubuh saya enggak seramping dulu lagi. Tapi, sekarang justru saya merasa pede dengan kecantikkan yang saya miliki,” ujar Okky pada PADI saat ditemui dalam acara diskusi di bilangan Kebagusan, Jakarta Selatan.

Buat Okky, cantik adalah bagaimana ia menikmati diri sendiri. Kehidupan keluarga, karier, sosial, dan sebagainya. Cantik adalah mencintai warna kulit kita dan menjaganya agar tetap prima. Cantik adalah menerima kekurangan dengan gembira dan memfokuskan diri pada kelebihan dan keunikan diri kita. Dan pastinya semua itu yang menjadikan kita merasakan nyaman dengan arti cantik sesungguhnya.

Menjadi seorang top model adalah cita-cita Okky dari kecil. Bakat gemar bersolek dan bergaya di depan cermin sudah terlihat sejak usia balita. Berbagai ajang pemilihan pun kerap kali dia ikuti, tak terkecuali saat sebuah majalah remaja nasional mengadakan pemilihan putri remaja tahun 1978. Wanita yang memiliki tinggi 174 sentimeter ini pun dinobatkan sebagai putri berpakaian malam terbaik. Tidak hanya itu, kehidupan Okky pun berubah setelah berjumpa dengan perancang busana, Iwan Tirta yang kebetulan menjadi juri di ajang pemilihan itu. Iwan yang notabene perancang ternama tidak sungkan-sungkan menawari Okky untuk menjadi model dalam peragaan busananya. Sejak saat itu, wajahnya kerap menghiasi sampul majalah remaja dan wanita.

Loyalitas dan kecintaan dia terhadap dunia modeling, akhirnya tercetus ide untuk mendirikan sekolah khusus model yang di beri nama OQ Modeling. Tidak hanya sebagai model dan bintang iklan, Okky juga sibuk sebagai host dan berakting di layar kaca. Ya, seabrek jadwal kegiatan Okky tidak membuat dia merasa lelah dan bosan. Justru, kegiatan itulah yang bikin dia merasa hidup dan berguna buat orang lain.

Terus bagaimana dia menjaga kesehatan dan stamina tubuhnya? “Kuncinya harus pintar me-manage tubuh dan asupan yang kita kosumsi,” tandasnya. Untuk urusan asupan, Okky termasuk orang yang pililih-pilih urusan makan. Sebab, tidak semua makanan dia kosumsi.

“Aduh, secara udah umur saya pantang deh sama makanan yang mengandung kolesterol, takut ah. Ya, bolehlah sekali-kali itu pun porsinya dikit,” urainya. Selain itu, Okky sengaja mengurangi nasi untuk menjaga berat badannya. Pola makan pun jadi prioritas bagi ibu dua anak ini.

Saat sarapan, Okky lebih memilih mengomsumsi roti gandum. Sedangkan siang hari, nasi empat sendok ditambah sayur, buah, plus jus. Begitu pula dengan malam harinya. Soal pilihan beras, Okky mengaku lebih memilih beras yang punya kualitas dan pulen. Bahkan, untuk urusan diet dan kesehatan Okky juga sering mengomsumi beras berah dan semua makanan yang berorganik.

Dengan mengatur pola makan yang baik dan seimbang, plus olahraga yang teratur, lanjutnya, kandungan kalori dalam makanan dapat menjelma menjadi konsumsi yang menyehatkan. Apalagi, Okky termasuk orang yang concern dengan makanan sehat. “Sehat itu mahal, makanya kita perlu jaga. Saya sangat disiplin soal makan sama keluarga,” kata perempuan yang tidak suka masakan pedas ini.

Urusan menu makan favorit keluarga, Okky mengaku kalau keluarganya gemar sekali makan soto ayam kuah kuning dan pepes. Bahkan, acap kali dia dan keluarga wisata kuliner jika ada waktu luang. Tapi, bukan sembarang jajan lho. Soalnya, Okky paling enggan kalau tempat jajannya kotor. Makanya, hal pertama yang diperhatikan adalah kondisi tempat makan yang bersih dan sehat. Dan, jangan salah, tempat makan sehat dan bersih menurutnya, tidak selalu mahal.

Satu hal yang menjadi kelemahan penyuka masakan Jepang ini yaitu tidak bisa memasak. “Iya nih, saya tuh enggak bisa masak. Soal masak saya serahkan ke mbak di rumah. Saya tugasnya cari uang saja buat keluarga. Ada job sendiri yang saya delegasikan buat orang rumah, misalnya urusan rumah dikerjakan oleh pembantu, anak tugasnya belajar, sedangkan saya tugasnya memenuhi kebutuhan keluarga,” kata perempuan single parent ini bijak.

Selain menjaga kesehatan dengan pola makan, Okky juga saat memperhatikan kondisi tubuh agar selalu fit and fresh diusia yang matang. “Komsumsi air putih bisa menunda masa penuaan lho. Selain itu, bisa juga buat detox tubuh, apalagi tubuh kita sering memproduksi racun baik itu disengaja maupun tidak disengaja,” semburnya.

Hal yang paling utama adalah membiasakan diri selalu bersyukur kepada Ilahi. “Apapun yang kita miliki harus dilandasi rasa syukur. Misalnya, tubuh, potensi, dan semuanya. Insya Allah hidup kita akan selalu lebih fresh. Jika rasa syukur itu tidak kita miliki, maka apa pun yang kita dapat akan selalu merasa kurang dan kurang,” tandas wanita yang sempat jadi presenter di acara Oh Mama Oh Papa ini, memberi bocoran.

Kalau ditanya apa tujuan hidupnya saat ini, perempuan yang kerap kali diundang sebagai pembicara ini mengaku kalau dia sudah lelah terhadap obsesi duniawinya. Malah, kini dia sedang sibuk merancang tujuan barunya yaitu DBAS. “Dunia bahagia, akhirat surga, ha-ha-haa,” katanya berkelakar. Amien. PIT












Tidak ada komentar: