Kamis, 08 Januari 2009

Inovasi

Mendeteksi Warna Beras

Mekanisme Kerja Grain Color Sorter,

Warna beras kerap kali dijadikan standar mutu, apakah beras itu memiliki kualitas lebih tinggi atau rendah. Untuk menentukan standar tersebut diperlukan mesin tambahan yang dapat memisahkan komponen beras yang berwarna putih bening dengan beras warna lain yang dikenal dengan istilah grain color sorter. Inilah teknologi baru yang menawarkan jasa ini.

Oleh: Abdul Waries Patiwiri


Beras hasil penyosohan berupa butiran beras yang memiliki warna mendekati seragam yaitu berwarna putih bening. Namun tidak dipungkiri adanya kemungkinan tercampur dengan beras yang memiliki warna putih bening dan tidak tercampur beras warna lain. Beras yang memiliki warna lain dinyatakan mempunyai kualitas lebih rendah, misalnya yang berwarna kuning, merah, hitam, atau coklat.

Beras berwarna merah, hitam, atau lainnya mungkin berasal dari gabah yang rusak atau berasal dari varietas lain, sedangkan yang berwarna kuning semu bisa disebabkan oleh pengeringan yang tidak sempurna. Dengan demikian untuk mendapatkan beras yang bermutu baik dan seragam dibutuhkan tambahan mesin yang dapat memisahkan komponen butiran beras yang berwarna putih bening dengan beras yang berwarna lain.

Alat pemisah tersebut dikenal dengan istilah grain color sorter. Grain color sorter adalah salah satu alat tambahan pada sistem penggilingan padi. Mesin ini berfungsi menyortir beras berdasarkan warnanya. Tidak semua penggilingan memiliki alat ini, hanya beberapa penggilingan besar yang mengutamakan mutu produksnya memiliki mesin ini.

Beras dipisahkan menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang memilik warna sesuai standar dan kelompok yang memiliki warna tidak sesuai dengan standar. Warna yang sesuai standar adalah warna putih bening yang mencerminkan beras bernas dan telah disosoh dengan baik. Sedangkan warna tidak standar adalah warna selain putih bening yang menandakan beras rusak, berjamur, atau memiliki derjat sosoh yang rendah.

SENSOR PENDETEKSI: Prinsip kerja grain color sorter adalah pendeteksian warna cahaya yang memantul dari beras hasil gilingan. Pendeteksian warna dilakukan oleh sebuah sensor cahaya. Tahapannya yaitu beras yang tertampung dalam tangki penampung akan diumpankan ke dalam peluncur, setelah melalui saluran pengumpan. Karena gaya beratnya, beras yang disuplai ke dalam peluncur akan mengalami percepatan. Dua buah sensor akan mengamati semua butir beras yang lewat di depannya. Untuk melakukan pembedaan warna yang diteliti, di belakang butiran beras diletakkan lembaran yang berfungsi warna latar belakang.

Jika sensor mendeteksi butir beras yang memiliki warna tidak dikehendaki, maka ejektor akan meniup butiran beras dengan udara bertekanan tinggi. Butir beras yang baik akan keluar melalui saluran pengeluaran, sedangkan yang ditolak akan keluar pada saluran yang lain.

Ejektor memiliki respon cepat yang ditandai dengan kecepatan penyemprotan nozel. Nozel mesti dapat melakukan penyemprotan kira-kira 1000 kali per detik untuk dapat memisahkan gabah yang dialirkan melalui peluncuran secara kontinyu. Selang waktu antara pendeteksian dan penyemprotan juga sangat teliti untuk mendapatkan pemisahan yang efektif. Selain itu, kecepatan aliran juga harus diatur sesuai dengan koefisien gesekan bahan pada peluncur.

Untuk menjaga agar sensor selalu bersih, sebuah wiper dipasang untuk membersihkan sensor secara kontinyu. Kebersihan sensor sangat diperlukan agar cahaya yang diterima oleh sensor tidak terganggu.

Boks

Jenis-jenis Grain Color Sorter
Satake Grain Color Sorter
Grain color sorter jenis ini memiliki beberapa tipe yang dikelompokkan berdasarkan metoda pengumpanan bahan seperti tertera di bawah ini.

Tabel 1. klasifikasi grain sorter jenis satake berdasarkan metode pengumpanan bahan

Metode pengumpanan
Karakteristik Pengumpanan Bahan
Bahan
Tipe Peluncur
(Chute type)
Bahan mengalir secara konstan tanpa mengelinding diatas peluncur
Beras sosoh (white rice), beras pecah kulit (brown rice), dan gandum (wheat)
Tipe Roll
(Roll type)
Rol berputar sangat cepat
Bahan menggelinding diatas peluncur secara tidak stabil
Jagung, biji kopi
Tipe Konveyor Sabuk
( Belt conveyor type)
Gravitasi basah kecil
Aliran bahan sulit
Potongan sayuran berbentuk, butir plastik, serpihan kecang-kacangan

Sortex Grain Colur Sorter
Ya, mesin jenis ini lebih dahulu dikenal pada industri pengolahan biji-bijian karena mesin ini dapat juga digunakan untuk biji-bijian lain di samping beras. Prinsip kerja mesin ini hampir sama dengan poin 1.

Penulis adalah Direktur Operasional Perum Bulog. Pemerhati masalah penggilingan padi.

Tidak ada komentar: