Rabu, 28 Januari 2009

Herbal


Limbah Pembawa Nilai Tambah


Air Tajin


Aneka rupa banyak orang mengartikan tajin. Ya, ada yang menyebut tajin adalah air bekas pencuci beras, ada pula air dari rebusan menanak nasi. Dalam khasanah ilmu tradisional, ada banyak manfaat dari air beras ini. Mau mencoba? Tak ada salahnya kok!


Air tajin merupakan rebusan beras berwarna putih agak keruh yang sering digunakan orang tua dulu khususnya para ibu untuk campuran bubur kacang hijau atau beras merah. Ternyata, air tajin juga berfungsi untuk menambah berat bedan anak. Selain itu, air tajin juga berguna bagi yang berbadan kurus atau ingin gemuk.


Dan baiknya lagi, air yang digunakan merupakan air rebusan dari beras merah atau beras ketan. Air tajin yang konon sering diposisikan sebagai pengganti susu sebenarnya tak langsung diberikan kepada bayi. Namun, setelah air rebusan beras mendidih dan agak kental itu diambil, biasanya akan ditambah dengan sedikit garam dan gula. Nah, dengan demikian komposisi itu layaknya minuman susu dengan rasa gurih dan agak manis.


Seperti diungkapkan Dr. Anton, seorang ahli gizi lulusan Australia, susu terlebih ASI bagi bayi usia 0-6 bulan dikonsumsi bukan sekadar menggemukkan badan, tetapi untuk memberikan kontribusi protein, meskipun kecil tetapi berkualitas. Selain itu, juga dapat berguna sebagai menyumbang kalsium yang dapat menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis (tulang rapuh).


Dikatakan Anton, air tajin yang tak lain berasal dari pangan nabati mengandung protein dengan susunan asam animo tidak selengkap protein hewani (susu). Jadi, jangan hanya melihat warna putihnya air tajin yang seperti susu, tapi diasumsikan bahwa air tajin bisa dimanfaatkan sebagai panganan tambahan susu.


Susu bisa dikatakan bukan lagi makanan wajib bagi seorang anak. Jadi, memang tak perlu ketakutan ketika harga susu melambung tinggi. Anda tidak perlu risau, sebab masih banyak penggantinya, seperti susu kedelai. Yang menarik adalah bahwa susu sebenarnya bukan produk kaya protein. Dalam penelitian, kandungan protein hanya sekitar 3 persen, bandingkan dengan telur yang mencapai 12 persen dan daging 18 persen. Bahkan beras yang kita konsumsi sehari-hari mengandung kurang lebih protein 7 persen.


Selain sering dikenakan pada bayi, sebenarnya air tajin beras juga bisa dikomsumsi orang dewasa terkait khasiat yang dimilikinya. Di antaranya untuk menambah stamina dan vitalitas. Hanya saja, menurut R Ay Angel Aprilia atau dikenal dengan nama Jeng Lia, ahli pengobatan alternatif asal Madura, air tajin untuk khasiat lain harus diramu terlebih dahulu dengan racikan lainnya. Jeng Lia mencontohkan, untuk mendapatkan khasiat air tajin beras sebagai salah satu alternatif meningkatkan vitalitas antara lain bisa ditambahkan madu dan bubuk merica hitam. Untuk membuktikan khasiatnya, bisa dicoba dengan mengkomsumsinya secara teratur, minimal setengah gelas setiap hari. Maka rasakanlah khasiat yang sebenarnya. PIT


Boks

Ragam Khasiat Air Tajin

Banyak khasiat yang didapat dari air tajin. Ya, selain buat kesehatan, air tajin juga berguna buat menjaga kecantikan kulit anda. Hhm, ingin tahu khasiat lainnya, simak artikel berikut:


1. Pelembab Kulit

Bahan: 1 gelas air tajin, 2 sendok teh madu, 1 sendok makan kulit padi, 1 sendok makan minyak sayur.

Cara: campurkan semua bahan dan masukkan ke dalam blender. Tunggu samapi semua bahan menjadi lembut, kemudian larutkan ke dalam air mandi yang hangat. Air beras mempunya kandungan zat gizi tinggi seperti kalsium, vitamin A,D, dan E. Sementara kulit padi berguna untuk melembutkan dan memperbaiki kulit yang kasar. Untuk hasil yang maksimal tambahkan madu yang merupakan antiseptik alami mengandung pelembab yang berguna untuk kesehatan dan keindahan kulit Anda.


2. Gemukkan Badan

Bahan: air tajin beras merah atau tajin ketan.

Cara: Masaklah beras ketan atau beras merah secukupnya (Setengah gelas cukup). Ambil air tajinnya ketika hampir masak. Minumlah air tajin dari beras merah atau beras ketan secara rutin 3 kali dalam seminggu, niscaya badan anda akan beranjak gemuk.


3. Diare

Bahan: segenggam beras merah

Cara 1: Buat seperti cara menggemukkan badan. Ambil airnya dan minum sampai diare mampet.


Cara 2: Segenggam beras merah disangrai samapi warna rada kekuningan, lalu digiling halus. Seduh dengan air panas sambil diaduk merata, sampai menjadi kuah kental. Ramuan yang disebut air tajin ini lalu ditambahkan sedikit garam. Setelah dingin siap untuk diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.


4. Haid Berlebihan

Bahan: 3-7 potong akar meniran kering, 1 gelas air tajin.

Cara: Bahan ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Kemudian ditambah dengan 1 gelas air tajin dan diaduk sampai rata.

Cara menggunakan: disaring dan diminum 2 kali sehari, pagi, dan sore.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Setau saya air tajin itu air rebusan..itu kata orang tua saya :D
Lalu apa ada juga manfaat air cucian beras kesehatana atu kecantikan gthu??

makasih :)